Komunitas Arduino Joglosemar merupakan afiliasi Komunitas Arduino Indonesia, sebagai wadah berbagi dan unjuk gigi bagi insan kreatif pecinta mikrokontroller Arduino/Genuino di sekitar Yogyakarta, Solo dan Semarang. Fokus utama pergerakan komunitas non-profit ini adalah edukasi dan teknologi berbasis mikrokontroller Arduino/Genuino. Keanggotaannya bersifat terbuka untuk umum dan tidak mengikat, jadi siapapun dapat bergabung dan bekerjasama dengan komunitas secara gratis.

Wejangan Adam Savage di Maker Faire


Sugeng rawuh sedulur Arduino Joglosemar! Seperti tahun-tahun sebelumnya, salah satu acara yang paling dinanti para pengunjung Maker Faire adalah orasi dari Pakdhe Adam Savage, sosok senior multi talenta di kancah Maker Movement. Dilansir majalah Make, beliau memasuki area Maker Faire 2016 dengan menunggangi robot Jerapah, yang sekaligus menjadi mimbarnya saat berorasi pada Ahad, 22 Mei lalu. Pakdhe Adam berceloteh kurang lebih selama satu jam perihal pentingnya berkreasi, berinovasi, serta urgensi mengajari putra-putri kita untuk menjadi seorang maker yang doyan otak-atik sesuatu.

Pria kelahiran New York itu memulai kuliahnya dengan sebuah inspirasi tentang kegagalan, yang kira-kira isinya: tak masalah sesekali kita melakukan kegagalan, jangan menyerah, justru kita harus mengakuinya lantas menghadapinya. Beliau juga menegaskan bahwa esensi dari making (baca: berinovasi & berkreasi) bukan hanya seputar Arduino, 3D printing, CNC, atau laser cutting. Making juga meliputi aktivitas memasak, menari, bermusik atau bahkan cosplay. Segala hal yang berkaitan dengan membuat sesuatu atau menghadirkan sesuatu yang baru, itulah sejatinya making versi Pakdhe Adam. 

Nah, sedulur Arduino Joglosemar pasti penasaran kan, gimana serunya orasi tersebut? Pengin lihat dan mendengarkan langsung wejangan Pakdhe Adam Savage di Maker Faire 2016? Monggo simak video di bawah ini, semoga terinspirasi ^_^

Selanjutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »