Komunitas Arduino Joglosemar merupakan afiliasi Komunitas Arduino Indonesia, sebagai wadah berbagi dan unjuk gigi bagi insan kreatif pecinta mikrokontroller Arduino/Genuino di sekitar Yogyakarta, Solo dan Semarang. Fokus utama pergerakan komunitas non-profit ini adalah edukasi dan teknologi berbasis mikrokontroller Arduino/Genuino. Keanggotaannya bersifat terbuka untuk umum dan tidak mengikat, jadi siapapun dapat bergabung dan bekerjasama dengan komunitas secara gratis.

Circuito.io: Cara Mudah Rakit Arduino


Kulo nuwun, sedulur Arduino Joglosemar! Sampun dhahar nopo dereng? Sampun ngerakit proyek kreatif ngagem Arduino? OK, postingan kali ini mimin bakal sharing tentang sebuah tool gratis online yang dapat memudahkan para newbie alias pemula Arduino dalam merakit proyeknya. Tool itu diberi nama Circuito.io, yang mulai booming di awal tahun 2016.

Circuito.io dirancang oleh 3 sekawan: Eyal Mehoudar, Barak Yemini & Uri Ramot di sebuah mini workshop perusahaan startup mereka, Roboplan, yang berada di Tel Aviv, Israel. Circuito.io memfasilitasi para maker dan inovator untuk merakit proyek Arduinonya dengan lebih mudah. Caranya: sedulur tinggal masuk ke laman web circuito.io, lalu pilih perangkat keras yang dipakai (sebagai input, proses, power dan outputnya), kemudian circuito akan mengirimkan skema rangkaian beserta kodenya via email secara gratis.

Misalnya sedulur ingin membuat penggaris digital dengan sensor ultrasonik (input), Arduino Uno (proses), baterai 9v (power) dan 7 segment 4 digit (output). Maka sedulur tinggal klik komponen-komponen tersebut di web dan mengisikan alamat email. Dalam waktu singkat sedulur akan dikirimi skema rangkaian dan kode pemrogramannya. File skema rangkaian dalam format .fzpz, dapat dibuka & diedit dengan Fritzing, sementara kode pemrogramannya dalam format .ino (Arduino IDE). Gampang to? ^_^

Namun hingga postingan ini dipublikasikan, circuito.io baru mampu membantu proyek sederhana yang memiliki 1 input dan 1 output saja. Itupun dengan komponen yang terbatas: baru 12 sensor input, 12 komponen output, dan 3 tipe Arduino (Uno, Mega & Pro Mini). Untuk lebih jelasnya monggo klik laman webnya atau simak video berikut. Matur nuwun~

Selanjutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »