Komunitas Arduino Joglosemar merupakan afiliasi Komunitas Arduino Indonesia, sebagai wadah berbagi dan unjuk gigi bagi insan kreatif pecinta mikrokontroller Arduino/Genuino di sekitar Yogyakarta, Solo dan Semarang. Fokus utama pergerakan komunitas non-profit ini adalah edukasi dan teknologi berbasis mikrokontroller Arduino/Genuino. Keanggotaannya bersifat terbuka untuk umum dan tidak mengikat, jadi siapapun dapat bergabung dan bekerjasama dengan komunitas secara gratis.

Menjelajah Arduino IDE


Sedulur Arduino Joglosemar pasti sudah akrab dengan software yang satu ini, lantaran software inilah yang memberikan "nyawa" pada Arduino kita. Yup, software Arduino IDE (Integrated Development Environment) namanya. Software open source ini digunakan untuk menulis kode pemrograman board Arduino (biasa disebut sketch), yang berekstensi .ino (dahulu .pde). Hingga kini sudah ada beberapa versi, mulai dari 1.0.6, 1.5.x dan 1.6.x yang dapat digunakan di Windows, MAC OS X maupun Linux. Monggo unduh Arduino IDE terbaru dengan  klik di sini 

Yuk menjelajah dan mengenal bagian-bagian penting dari Arduino IDE. Saat poro sedulur membuka Arduino IDE, akan muncul tampilan yang kurang/lebihnya seperti gambar berikut.


Keterangan:

1. Verify: Tombol ini berfungsi untuk meng-compile dan mengecek sketch yang akan diupload ke board Arduino. Sebaiknya sebelum poro sedulur mengupload kode ke board Arduino, gunakanlah fasilitas ini. Jika terdapat kesalahan pada kode, maka akan muncul pesan error di bagian no. 9 dan keterangan error-nya di bagian no. 10.
2. Upload: Tombol ini berfungsi untuk mengupload sketch yang telah ditulis ke board Arduino. Pastikan Arduino telah terhubung ke PC.
3. New: Tombol untuk membuka tab sketch baru.
4. Open: Tombol untuk membuka sketch yang pernah kita simpan.
5. Save: Tombol untuk menyimpan sketch yang telah ditulis. 
6. Serial Monitor: Tombol untuk membuka tab serial monitor, mengetahui apa yang Arduino kirimkan. Sangat berguna untuk proses debugging.
7. Sketch Name: Nama file sketch yang sedang aktif.
8. Code Area: Area untuk menulis sketch.
9. Message Area: Pesan yang menampilkan apakah status proses compile dan upload berhasil, sekaligus menampilkan pesan jika terdapat kesalahan pada sketch.
10. Text Console: Area ini akan menampilkan bagian mana terdeteksi kesalahan, sehingga memudahkan pengguna untuk menyunting sketch.
11. Board & Serial Port: Status tipe board Arduino dan serial port yang akan diprogram. Untuk mengatur board Arduino, klik Tools - Board - lalu pilih board yang sedulur pakai, misal Arduino Uno. Untuk mengatur serial port yang terhubung ke board Arduino, klik Tools - Port - lalu pilih port mana yang terhubung ke board Arduino, misal COM5.

Nah, sudah puas menjelajah software Arduino IDE? Jika belum, langsung aja sedulur bisa unduh gratis dan selamat berpetualang!



Selanjutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »