Komunitas Arduino Joglosemar merupakan afiliasi Komunitas Arduino Indonesia, sebagai wadah berbagi dan unjuk gigi bagi insan kreatif pecinta mikrokontroller Arduino/Genuino di sekitar Yogyakarta, Solo dan Semarang. Fokus utama pergerakan komunitas non-profit ini adalah edukasi dan teknologi berbasis mikrokontroller Arduino/Genuino. Keanggotaannya bersifat terbuka untuk umum dan tidak mengikat, jadi siapapun dapat bergabung dan bekerjasama dengan komunitas secara gratis.

Serba-Serbi Arduino & Genuino



Sugeng rawuh sedulur Arduino Joglosemar!

Ada ungkapan "tak kenal maka tak sayang". Jadi, kesempatan kali ini kita akan berkenalan lebih dekat dengan Arduino & Genuino. Sehingga kita bisa lebih tahu seluk-beluk dan serba-serbinya, sekaligus menumbuhkan rasa cinta untuk berkarya dengan Arduino. Seperti kata nenek moyang kita, "witing trisno jalaran soko kulino" (cinta muncul karena terbiasa). So, let's get started!

Apa itu Arduino?

Arduino adalah sebuah platform mikrokontroller open-source yang dapat dipakai untuk membuat purwarupa suatu proyek elektronika. Board Arduino dapat membaca suatu input (berupa cahaya, suara, tekanan, dll) serta mengubahnya menjadi output tertentu (seperti lampu LED, motor, panggilan telephone, dll). Untuk melakukannya, Arduino harus diprogram dengan mengirimkan instruksi ke board mikrokontroler melalui software Arduino IDE (Integrated Development Environment).

Arduino berawal pada tahun 2005, di Ivrea Interaction Design Institute, oleh Massimo Banzi, David Cuartielles, Tom Igoe, Gianluca Martino, David Mellis dan Nicholas Zambetti. Awalnya Arduino difungsikan sebagai alat yang mempermudah siswa tanpa latar belakang elektronika dan pemrograman, untuk menyelesaikan proyek kreatif mereka. Sejak saat itu, board Arduino selalu berinovasi menyesuaikan kebutuhan dan tantangan baru, mulai dari mikrokontroller 8-bit hingga menjadi produk aplikasi IoT (Internet of Things), cetak 3D, dan embedded system. Selama bertahun-tahun Arduino telah menjadi "otak" dari ribuan proyek, mulai dari perangkat sederhana hingga instrumen fisik yang kompleks. Ingin tahu sejarah lengkap Arduino? Simak video berikut ini.

Apa Itu Genuino?

Genuino adalah sister-brand Arduino yang diciptakan juga oleh co-founder Arduino: Massimo Banzi, David Cuartielles, Tom Igoe dan David Mellis. Genuino digunakan sebagai nama merek untuk produk Arduino yang dijual di luar kawasan Amerika Serikat, terutama untuk pangsa pasar di Asia, Eropa, Amerika Selatan, Kanada dan Afrika. Berikut adalah video Massimo Banzi yang memperkenalkan Genuino pada Maker Faire San Mateo 2015. 


Apa bedanya Arduino & Genuino?

Board mikrokontroller Arduino & Genuino dirakit dengan komponen yang sama. Karakteristik dan kualitas manufakturnya pun setara. Produk yang "kembar identik", hanya berbeda label nama merek saja. Arduino diproduksi khusus untuk pasar Amerika Serikat, sementara Genuino tersedia bagi konsumen di luar Amerika Serikat.

Apa kelebihan Arduino/Genuino?

Ada banyak produk mikrokontroller yang dikomersilkan, seperti: Parallax Basic Stamp, Netmedia BX-24, Phidgets, MIT Handyboard, Linkit One, dan banyak lainnya yang juga menawarkan fungsionalitas yang sama. Semua produk ini mampu menyederhanakan pemrograman & penggunaan mikrokontroller, seperti halnya Arduino. Namun Arduino memiliki beberapa keunggulan, terutama bagi guru, siswa, dan pemula:

MURAH. Harga beli board Arduino relatif murah dibandingkan dengan platform mikrokontroler lainnya. Bahkan tersedia pula board pra-rakitan yang dapat dirakit sendiri, dengan harga yang lebih murah lagi.

CROSS-PLATFORM. Kebanyakan sistem mikrokontroler terbatas ketika digunakan di sistem operasi Windows. Namun, software Arduino IDE dapat dijalankan dengan baik di PC/laptop dengan sistem operasi Macintosh OSX, Linux maupun Windows.

SEDERHANA. Pemrograman software Arduino IDE mudah dilakukan bagi pemula, namun tetap kompatibel bagi master tingkat lanjut.

OPEN SOURCE SOFTWARE. Perangkat lunak Arduino dipublikasikan sebagai perangkat open source. Bahasa pemrograman dapat diperluas melalui library C++, sehingga pengguna dapat menambahkan kode AVR-C langsung ke program Arduino.

OPEN SOURCE HARDWARE. Board mikrokontroller Arduino dipublikasikan dengan lisensi Creative Commons, sehingga siapapun dapat membuat board mikrokontroller Arduino versi mereka sendiri. Bahkan pengguna yang relatif tidak berpengalaman dapat pula merakit Arduino versi sendiri pada breadboard!

Untuk lebih mengenal produk Arduino dan Genuino, silakan  klik di sini  Berikut adalah video panduan untuk membandingkan spesifikasi board Arduino, sekaligus menentukan mikrokontroller Arduino mana yang cocok digunakan untuk proyek kreatif Anda. Sesuaikan dengan kebutuhan, ya! Info lengkap tentang spesifikasi board-board Arduino  klik di sini 


Nah, itulah sedikit gambaran serba-serbi seputar Arduino/Genuino. Sudah makin kenal kan? Kini saatnya berkreasi dengan teknologi Arduino. Get out there and make something!

Selanjutnya
« Prev Post
Terdahulu