Komunitas Arduino Joglosemar merupakan afiliasi Komunitas Arduino Indonesia, sebagai wadah berbagi dan unjuk gigi bagi insan kreatif pecinta mikrokontroller Arduino/Genuino di sekitar Yogyakarta, Solo dan Semarang. Fokus utama pergerakan komunitas non-profit ini adalah edukasi dan teknologi berbasis mikrokontroller Arduino/Genuino. Keanggotaannya bersifat terbuka untuk umum dan tidak mengikat, jadi siapapun dapat bergabung dan bekerjasama dengan komunitas secara gratis.

Cozmo: Wall-E yang Dinanti


Poro sedulur tentu pernah menyaksikan Wall-E di bioskop kan? Robot pengepul sampah khayalan Disney yang bisa jatuh hati itu, menginspirasi sebuah perusahaan pembuat mainan asal Silicon Valley, USA untuk mewujudkannya. Adalah Anki, perusahaan yang didirikan oleh trio Ph.D bidang robotik asal Universitas Carnegie Mellon di tahun 2010, baru-baru ini merilis 'robot mainan' terbarunya yang akan dipasarkan per Oktober mendatang. Walaupun berstatus robot mainan, produk yang diberi nama Cozmo ini dilengkapi dengan teknologi mutakhir yang tak main-main, lho.

Robot segenggaman tangan ini dirancang dengan serangkaian sensor canggih, mulai dari fitur orientasi posisi, hingga teknologi pengenal wajah (facial recognition) berkamera untuk mengingat wajah pengguna yang berinteraksi dengannya. Pihak Anki juga mengklaim telah melengkapi Cozmo dengan teknologi AI (artificial intelligence alias kecerdasan buatan) yang mampu menampilkan gerakan dan mimik wajah, sehingga seakan-akan robot ini memiliki emosi seperti gembira, sedih, atau marah.

Sumber daya baterai yang digunakan Cozmo dapat bertahan hingga 2 jam penuh dan dapat diisi ulang hanya dalam waktu 10 menit saja. Bagi poro sedulur yang berminat memilikinya, Cozmo dibanderol seharga USD 180 dan akan mulai dipasarkan per Oktober 2016. Dan bagi yang ingin memesan, proses pre-order sudah dibuka sejak 27 Juni lalu. Tapi sebelum memboyong Cozmo ke rumah, alangkah baiknya poro sedulur simak dulu video profilnya berikut ini.



Selanjutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »