Komunitas Arduino Joglosemar merupakan afiliasi Komunitas Arduino Indonesia, sebagai wadah berbagi dan unjuk gigi bagi insan kreatif pecinta mikrokontroller Arduino/Genuino di sekitar Yogyakarta, Solo dan Semarang. Fokus utama pergerakan komunitas non-profit ini adalah edukasi dan teknologi berbasis mikrokontroller Arduino/Genuino. Keanggotaannya bersifat terbuka untuk umum dan tidak mengikat, jadi siapapun dapat bergabung dan bekerjasama dengan komunitas secara gratis.

Gerakan 1.000 Startup Digital

Saat bertandang ke Silicon Valley, Amerika Serikat, pertengahan Februari lalu, Presiden Joko Widodo dengan penuh percaya diri menggaungkan visi Indonesia sebagai ‘The Digital Energy of Asia’. Pertengahan Juni ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama KIBAR berupaya mewujudkan visi tersebut melalui peluncuran Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital, yang tujuannya untuk melahirkan perusahaan rintisan yang berkualitas dan memberikan dampak positif dalam penyelesaian permasalahan bangsa. Target gerakan ini mampu menciptakan 1.000 perusahaan baru dengan total valuasi bisnis senilai 10 miliar USD pada tahun 2020 mendatang.

Untuk melahirkan 1.000 startup digital, strategi yang dijalankan adalah dengan melakukan mentoring dan pembinaan intensif melalui tahapan sistematis di beberapa kota berfondasi digital yang kuat. Langkah pertama diawali dengan seminar entrepreneurship yang ditargetkan merangkul 4.000 peserta setiap tahunnya. Kemudian akan disaring 2.000 peserta yang layak untuk melanjutkan ke tahap workshop untuk pembekalan keahlian mengelola startup digital. Selanjutnya 1.000 perserta akan melanjutkan ke tahap hackathon untuk merancang prototipe produk.

Dari 1.000 prototipe yang dipamerkan, 500 peserta akan dipilih untuk mengikuti bootcamp, semacam sesi mentoring untuk menyiapkan strategi peluncuran produk. Dan akhirnya, 200 peserta terbaik akan diinkubasi selama 3 bulan, sehingga dalam kurun waktu 5 tahun akan terciptalah 1.000 startup digital di Indonesia.

Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital ini akan dimulai di 10 kota: Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Malang, Medan, Bali, Makassar dan Pontianak. Di masing-masing kota akan didirikan pusat inovasi sebagai titik kumpul komunitas teknologi, kreatif dan budaya. Pusat inovasi nantinya juga akan menyediakan co-working space di mana semua pelaku dan kreator lokal dapat berkolaborasi menciptakan produk solutif bagi kebutuhan masyarakat setempat hingga ke level nasional. Informasi selengkapnya mengenai gerakan ini dapat diakses melalui situs  1000startupdigital.id 


Selanjutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »