Komunitas Arduino Joglosemar merupakan afiliasi Komunitas Arduino Indonesia, sebagai wadah berbagi dan unjuk gigi bagi insan kreatif pecinta mikrokontroller Arduino/Genuino di sekitar Yogyakarta, Solo dan Semarang. Fokus utama pergerakan komunitas non-profit ini adalah edukasi dan teknologi berbasis mikrokontroller Arduino/Genuino. Keanggotaannya bersifat terbuka untuk umum dan tidak mengikat, jadi siapapun dapat bergabung dan bekerjasama dengan komunitas secara gratis.

Hakteknas 2016 Akan Digelar di Solo

Puncak peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-21 akan digelar di Kota Solo, Jawa Tengah. “Dipilihnya Kota Solo sebagai puncak Hakteknas ke-21, karena Solo memiliki techno park yang berhasil yaitu namanya Solo Techno Park, dan nanti techno park tersebut bisa ditiru oleh techno park yang lain,” kata Menristekdikti, Mohammad Nasir pada acara pers gathering di Jakarta, Rabu (29/6).

Hakteknas ini merupakan salah satu hari bersejarah di Tanah Air yang diperingati setiap tanggal 10 Agustus. Pemilihan tanggal tersebut, awalnya merupakan tanggal dimana pesawat N-250 Gatotkaca berhasil terbang perdana di Bandung. Adapun tujuan dari peringatan Hakteknas ke-21 ini adalah menumbuhkembangkan kesadaran masyarakat tentang perlunya budaya iptek dalam kehidupan sehari-hari. Mendorong kreativitas dan inovasi iptek dalam diri masyarakat dalam rangka meningkatkan daya saing masyarakat yang pada akhirnya akan memajukan bangsa.

Selain itu, untuk mensosialisasikan hasil-hasil iptek dan inovasi kepada masyarakat luas, termasuk pelajar dan mahasiswa, dan dunia usaha. Mensosialisasikan kebijakan-kebijakan pemerintah yang berkaitan dengan pengembangan iptek dan implementasi iptek, serta terbangunnya kebersamaan para pemangku kepentingan iptek. Tema Hakteknas ke-21 tahun 2016 ini adalah “Inovasi untuk kemandirian dan daya saing bangsa.” Tema tersebut pada dasarnya menggarisbawahi peran iptek dan inovasi sebagai ujung tombak komponen penentu kemandirian dan daya saing bangsa.

Beberapa ciri penting dari sebuah negara yang mandiri dan berdaya saing diantaranya tergambar dari ciri inovatif yang dimiliki seperti tingkat produktivitas yang tinggi, pemasaran produk yang murah dan cepat, pelayanan administrasi publik yang transparan, terintegrasi dan efektif, namun tetap mengutamakan kelestarian ingkungan dan sumber daya alam yang dimiliki.

Dalam acara puncak Hakteknas ini, rencananya juga akan ada penyerahan anugerah, diantaranya Anugerah Iptek kategori Perguruan Tinggi, Anugerah Iptek kategori Industri, Anugerah Krenova Jawa Tengah, dan lain-lain. Info selengkapnya kunjungi hakteknas.ristekdikti.go.id.

source: kopertis12.or.id





Selanjutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »