Komunitas Arduino Joglosemar merupakan afiliasi Komunitas Arduino Indonesia, sebagai wadah berbagi dan unjuk gigi bagi insan kreatif pecinta mikrokontroller Arduino/Genuino di sekitar Yogyakarta, Solo dan Semarang. Fokus utama pergerakan komunitas non-profit ini adalah edukasi dan teknologi berbasis mikrokontroller Arduino/Genuino. Keanggotaannya bersifat terbuka untuk umum dan tidak mengikat, jadi siapapun dapat bergabung dan bekerjasama dengan komunitas secara gratis.

Meriahnya Arduino Day 2017 Jogja


Dalam rangka turut serta memeriahkan gelaran Internasional Arduino Day 2017, Komunitas Arduino Joglosemar menggelar seminar dan workshop "Arduino for All, IoT for Humanity" pada Sabtu, 1 April 2017. Bertempat di Padepokan ASA Wedomartani, Sleman, Yogyakarta, agenda kali ini menjadi satu dari total 499 event Arduino Day di 78 negara (day.arduino.cc). Arduino Day Jogja kali ini diikuti oleh 120 peserta dari berbagai latar belakang dan asal daerah. Mayoritas berasal dari sekitar area Joglosemar (Jogja, Solo & Semarang), namun beberapa di antaranya bahkan berasal dari luar daerah seperti Probolinggo, Surabaya dan Bandung.

Agenda diawali dengan sambutan Lintang Wisesa, selaku koordinator Komunitas Arduino Joglosemar, yang menyampaikan harapan agar masyarakat dapat memanfaatkan keberadaan komunitas untuk meningkatkan kreativitas dan inovasi melalui teknologi Arduino & IoT (Internet of Things). Sambutan selanjutnya disampaikan Sapto Bino selaku pengelola Padepokan ASA. Sapto menuturkan, Arduino & IoT merupakan salah satu teknologi masa depan. Selain itu, beliau bersama Padepokan ASA juga akan terus mendukung dan memfasilitasi kegiatan positif semacam Komunitas Arduino Joglosemar ini.

Menginjak inti acara, seminar dan workshop IoT. Seminar menghadirkan dua pakar IoT: Dr. Agfianto Eko Putra, M.Si (Universitas Gadjah Mada) dan Aulia Faqih Rifa'i, M.Kom (UIN Sunan Kalijaga). Pada paparannya, Dr. Agfi menyampaikan secara teknis bagaimana teknologi IoT bekerja, mulai dari jenis development board yang dapat dipakai, komunikasi antar perangkat, hingga penerapan IoT dalam industri maupun rumah tangga di masa depan. Di sesi kedua, Aulia Faqih yang merupakan Intel Black Belt Software Developer menyajikan contoh nyata bagaimana teknologi IoT mampu menjadi solusi bagi permasalahan yang ada, sekaligus menjadi peluang bisnis masa depan.



Usai rehat, acara dilanjutkan dengan workshop live coding tutorial yang dipandu oleh Sulis Priyanto dan Monalisa Arcelia dari Dirakit. Monalisa berbagi seputar beragam perangkat beserta spesifikasinya, yang dapat digunakan untuk "bermain" di ranah IoT. Adapun Sulis menjabarkan secara detil teknis penggunaan NodeMCU dengan Arduino IDE untuk membuat project IoT.



Agenda Arduino Day Jogja kali ini berlangsung sangat meriah, dengan peserta yang antusias. Semoga bermanfaat bagi perkembangan Maker Movement di Indonesia, khususnya di sekitar Jogja, Solo dan Semarang. Terima kasih kepada segenap pihak yang telah mendukung Arduino Day 2017, dan nantikan event Komunitas Arduino Joglosemar selanjutnya. Happy Arduino Day!

1. Rilis media: bit.ly/arduinoD17web
2. Dokumentasi foto: bit.ly/arduinoD17foto
3. Rekaman video: bit.ly/arduinoD17video
4. Materi Dr. Agfi: bit.ly/arduinoD17agfi



Selanjutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »